Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

Menilai Bripka RR Ketakutan saat Bersaksi di Sidang, Pakar Mikro Ekspresi: Semakin Pucat dan Nunduk

Pakar Mikro Ekspresi dan Gestur Handoko Gani, menyoroti ekspresi ketakutan Ricky Rizal atau Bripka RR saat menjadi saksi untuk terdakwa Bharada E

Tangkapan layar Kompas TV
Ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso saat mencecar Ricky Rizal saat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang perkara pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan terdakwa Kuat Maruf dan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM — Pakar Mikro Ekspresi dan Gestur Handoko Gani, menyoroti ekspresi ketakutan Ricky Rizal atau Bripka RR saat menjadi saksi untuk terdakwa Bharada E di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Ia juga membandingkan ekspresi Ricky Rizal dengan Bharada E para persidangan Rabu (30/11/2022) lalu.

Menurut dia, perbedaan itu cukup mencolok bahkan hingga cara hakim bertanya pada keduanya.

Handoko Gani mengatakan bahwa Ricky Rizal seperti orang yang tersudut, sementara Bharada E tampak jujur.

"Ya memang Ricky ini bisa dibilang pasti ada tekanan, namanya persidangan, dalam kondisi ini pasti besar. Tentunya untuk hal krusial bagi hukuman yang akan dia terima, tentunya dia akan sebaik mungkin menyangkal atau menyembunyikan. Hakim melihat ada hal yang belum lengkap diceritakan," kata Handoko Gani dikutip TribunnewsBogor.com dari Kompas TV, Senin (5/12/2022).

Ia pun mengatakan bahwa kesaksian Ricky Rizal itu merupakan gaya dari kebohongan, yakni tidak merekayasa tapi tidak menyampaikan secara lengkap.

Baca juga: Temukan Banyak Kejanggalan dari Kesaksian Bripka RR, Pengacara Bharada E: Ini Gak Nyambung

"Memang ini yang sering digunakan, dengan cara menjawab seperlunya. Jadi kalau tidak ditanya mereka tidak memaparkan, Ini gaya kebohongan yang sering dilakukan," kata dia.

Meski begitu lanjut dia, hakim sudah cukup jeli untuk mendeteksi bahwa Ricky Rizal berbohong.

"Saya lihat hakim sudah sangat jeli sampai mempreteli perintah tadi, logika di balik tindakan, sekalipun disuruh. Jadi saya rasa sudah sangat tajam," jelasnya.

Menurut dia, ekspresi Ricky Rizal saat dicecer oleh hakim tampak gugup.

"Kita lihat reaksi Ricky gugup, bisa jadi satu memang dia gak biasa diinterview, bisa juga karena takut oleh hakim dan jaksa, atau dia sadar bahwa dia ketahuan bohong," tuturnya.

Hal itu menurutnya terlihat pada ekspresi dan gestur Ricky Rizal.

Baca juga: Bripka RR Sempat Lihat Putri Candrawathi Tertidur Sambil Duduk di Sofa Magelang, Wajahnya Pucat

"Caranya adalah melihat semakin lama semakin pucat atau semakin nunduk, atau kita bilang semakin takut. Artinya makin lama makin tertekan," katanya.

Ia juga mengungkap gaya yang digunakan hakim saat bertanya kepada Ricky Rizal, yakni introgatif.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved