Festival Adu Bedug dan Dondang Jadi Ajang Silaturahmi Warga Usai Lebaran, Begini Keseruannya

"Ini memang digelar setiap syawal setelah lebaran Idul Fitri, sekaligus sebagai ajang silaturahmi, kalau ada acara ini kan jadi ketemu semua,"

Festival Adu Bedug dan Dondang Jadi Ajang Silaturahmi Warga Usai Lebaran, Begini Keseruannya
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Stan Kelurahan Mustikajaya di festival Bedug dan Dondang Kecamatan Mustikajaya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, MUSTIKAJAYA - Festival Adu Bedug dan Dondang Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, selain sebagai kegiatan pelestarian budaya khas Bekasi, juga dianggap sebagai ajang silaturahmi warga.

Hal itu diungkapkan Lurah Mustikajaya, Maka Nachrowi, yang ikut terlibat dalam pelaksanaan Festival Adu Bedug dan Dondang.\

240 Pelaku UMKM Akan Meriahkan Bazar Festival Arak Replika Obor Asian Games 2018

"Ini memang digelar setiap syawal setelah lebaran Idul Fitri, sekaligus sebagai ajang silaturahmi, kalau ada acara ini kan jadi ketemu semua," kata Maka kepada TribunJakarta.com, Sabtu (14/7/2018).

Dalam rangka ikut serta festival Adu Bedug dan Dondang, pihaknya mengaku sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari, perlengkapan seperti pembuatan dondang dan hiasan stan sudah dibikin sepekan sebelumnya.

Calon Wapres Prabowo Sudah Mengerucut, Sandiaga Uno: Tak Ada Kejutan

"Ini terlibat semua RT dan RW yang ada di Kelurahan Mustikajaya, Ada 209 RT dan 33 RW, kita masing-masing ada yang siapkan dondang, ada yang siapkan stan atau rumah adatanya, ada yang siapkan bedugnya semua terlibat," jelas dia.

Selain itu, ia juga menyiapkan penampilan tari langgam Bekasi sebagai hiburan selama festival berlangsung, tarian melibatkan anak-anak sekolah dasar yang ada di Kelurahan Mustikajaya.

"Kalau isi dondangnya itu ada makanan, macem-macem seperti dodol, wajik, uli geplak, semua khas Betawi," kata dia.

Datang ke Indonesia, Menteri Termuda Malaysia Syed Saddiq Satu Mobil Bersama Jokowi

Albi, warga Kelurahan Mustikaja yang ikut hadir mengaku cukup terhibur, ia bahkan sengaja hadir bersama sanak keluarganya melihat kebudayaan khas Kota Bekasi.

"Kebetulan rumah deket sini, tiap tahun lihat pertunjukan aja seru, ramai juga kan ketemu sama tetangga juga yang sama-sama mau lihat," jelas dia.

Kegiatan festival Adu Bedug dan Dondang kali ini digelar di Lapangan Stadion Mini Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Festival tersebut diikuti empat kelurahan yang ada di Kecamatan Mustikajaya. Diantaranya, Kecamatan Mustikajaya, Cimuning, Padurenan, dan Pengasingan.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help