Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Tak Lagi Zona Merah, Warga RW 07 Bidara Cina Diimbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Warga RW 07 Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara diimbau mematuhi protokol kesehatan meski wilayahnya tak lagi berstatus zona merah.

Dokumentasi Sudin PKP Jakarta Timur
Personel Damkar Jakarta Timur saat melakukan penyemprotan disinfektan di RW 07 Kelurahan Bidara Cina yang berstatus zona merah, Sabtu (13/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Warga RW 07 Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara Jakarta Timur diimbau mematuhi protokol kesehatan meski wilayahnya tak lagi berstatus zona merah.

Lurah Bidara Cina Dadang Yudi mengatakan kepatuhan warga perlu agar RW 07 tak kembali masuk RW yang menerapkan wilayah pengendalian ketat (WPK).

"Alhamdulillah mulai minggu lalu RW 07 sudah bukan zona merah. Tapi kita tetap imbau warga mematuhi protokol kesehatan," kata Dadang saat dikonfirmasi di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (13/7/2020).

Menurutnya status RW 07 kini baru turun satu tingkat dari zona merah ke oranye yang secara kasus tingkat penularan Covid-19 berisiko sedang.

Putri Maruf Amin Tawari Jadi Wakil Wali Kota Tangsel, Raffi Ahmad dan Nagita Kompak Bereaksi Ini

Bila mengacu kriteria Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), risiko penularan sedang tak bisa disebut aman karena masih di atas zona kuning.

Zona kuning artinya risiko penularan rendah, sementara hijau berarti risiko penularan ada tapi tidak ditemukan kasus positif Covid-19.

"Akses keluar masuk permukiman warga juga tetap dibatasi. Peyemprotan disinfektan tetap berlangsung, minimal seminggu sekali dilakukan," ujarnya.

Dadang menuturkan pihaknya hingga kini terus berkoordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Jatinegara terkait penanganan Covid-19.

Baik melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan hingga penelusuran riwayat kontak langsung warga dengan pasien terkonfirmasi.

Damkar Jakarta Timur Sudah Semprot Disinfektan di 3.240 Lokasi

"Jumlah warga RW 07 yang positif Covid-19 dan saat ini masih dirawat ada dua orang. Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet," tuturnya.

Sebagai informasi, RW 07 Bidara Cina termasuk RW yang menerapkan WPK atau sebelumnya disebut pengendalian ketat berskala lokal (PKBL).

Selain RW 07, 12 RW lain di Jakarta Timur yang sebelumnya berstatus zona merah Covid-19 dan menerapkan WPK kini sudah turun status

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved