Breaking News:

Damkar Jakarta Timur Luncurkan Aplikasi Go-Damkar untuk Permudah Warga Melapor

Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta, Edi Parwoko mengatakan aplikasi ini guna memudahkan warga melapor

TribunJakarta.com/Bima Putra
Kasi Pencegahan Sudin PKP Jakarta Timur Edi Parwoko saat ditemui di Matraman, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur meluncurkan aplikasi Go-Damkar yang bisa diunduh di Play Store.

Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta, Edi Parwoko mengatakan aplikasi ini guna memudahkan warga melapor.

"Baik laporan kebakaran atau bantuan evakuasi nantinya warga bisa melapor lewat aplikasi ini. Sekarang aplikasi sudah bisa digunakan," kata Edi saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (28/11/2020).

Aplikasi memudahkan pelaporan kejadian karena banyak warga yang memiliki handphone Android sehingga bisa menggunakan Go-Damkar.

Setelah terinstal di handphone, aplikasi berukuran 21.36 MB ini otomatis mengarahkan warga untuk bagian pelaporan kejadian.

"Di sini warga diminta mengisi nama dan menuliskan nomor handphonenya yang aktif. Setelahnya nanti warga bisa mengirimkan video terkait kejadian dan koordinat lokasi," ujarnya.

Edi menuturkan pengiriman video dimaksudkan memberi gambaran jelas terkait kejadian ke petugas, baik kebakaran dan permintaan evakuasi.

Pasalnya bila hanya foto sebagaimana yang dilakukan sebelumnya anggota Damkar masih harus menerka bagaimana penanganan dilakukan.

"Contoh ketika warga melaporkan kebakaran, kalau lewat video kita lebih jelas tahu apinya besar atau tidak. Bisa membuat pertimbangan berapa unit mobil pompa dikerahkan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved