Breaking News:

Buruh Tuntut Agar Segera Divaksin Covid-19 dan THR Dibayar Full

Memperingati May Day, para buruh meminta pemerintah segera memvaksin Covid-19 terhadap mereka serta memastikan perusahaan membayar THR secara penuh.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Sekretaris Jenderal Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia, Michael (tengah) menyampaikan sejumlah tuntutan buruh dalam May Day hari ini, Sabtu (1/5/2021), di Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Memperingati May Day, para buruh meminta pemerintah segera memvaksin Covid-19 terhadap mereka serta memastikan perusahaan membayar THR secara penuh.

Hal itu disampaikan para buruh saat berunjuk rasa di jalanan akses Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/5/2021) sore ini.

Sekretaris Jenderal Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia, Michael mengatakan, permintaan vaksinasi terhadap buruh menjadi salah satu tuntutan dalam May Day tahun ini.

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat para buruh membutuhkan vaksinasi sebagai bekal melawan virus corona di tengah pekerjaan yang masih dijalani.

"Kita minta program vaksinasi dilaksanakan gratis terhadap seluruh rakyat, termasuk kaum buruh. Karena kita sampai saat ini belum menerima vaksin," kata Michael di lokasi.

Kemudian, para buruh juga meminta pemerintah memberikan aturan terhadap perusahaan untuk membayar THR secara penuh.

Pasalnya, situasi pandemi sering membuat perusahaan lalai sehingga tak membayar tunjangan tersebut secara seharusnya.

"Kami meminta perusahaan untuk tidak menyicil dalam membayar THR. Karena lagi-lagi pandemi selalu menjadi alasan perusahaan untuk tidak melindungi hak buruh, termasuk membayar THR," kata Michael.

Michael menuturkan, selain beberapa permintaan tersebut, tuntutan utama yang dilayangkan buruh dalam aksi hari ini masih serupa dengan tahun sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved