Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Menantu Rizieq Shihab Tolak Kasus RS Ummi Bogor Disamakan dengan Perkara Ratna Sarumpaet

Muhammad Hanif Alatas menolak kasus dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor disamakan dengan kasus Ratna

TribunJakarta.com/Bima Putra
Muhammad Hanif Alatas saat membacakan pleidoi atau pembelaan atas tuntutan JPU dalam perkara dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab RS UMMI Bogor di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Muhammad Hanif Alatas menolak kasus dugaan tindak pidana pemberitahuan bohong tes swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor disamakan dengan kasus Ratna Sarumpaet.

Meski sama-sama disangkakan pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana karena dianggap menyebarkan pemberitahuan bohong, Hanif menolak kasusnya disamakan.

Bantahan ini disampaikan karena dalam uraian tuntutan kasus RS UMMI Bogor Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjadikan kasus pemberitahuan bohong Ratna pada tahun 2019 lalu sebagai tolok ukur.

"Dalam kasus tersebut Ratna jelas-jelas berbohong dengan tujuan yang nyata-nyata untuk menciptakan kegaduhan ditengah eskalasi politik negara yang sedang memanas di tengah proses kontestasi Pilpres 2019," kata Hanif di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Menurut Hanif yang dituntut dua tahun penjara dalam kasus tes swab RS UMMI Bogor Ratna jelas berbohong karena menyatakan bekas operasi medis di wajahnya sebagai tindak pengeroyokan.

Pernyataan Ratna yang kala itu anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut Hanif sudah terbukti melakukan tindak pidana pemberitahuan bohong.

"Bahkan tokoh-tokoh nasional bereaksi keras atas penganiayaan yang terjadi terhadap Ratna, sehingga timbullah kecurigaan dan tudingan-tudingan terhadap kubu yang bersebrangan dalam hal ini kubu Jokowi- Ma’ruf," ujarnya.

Melalui pleidoi setebal 220 halaman dibuatnya, menantu Rizieq itu mengatakan kasus Ratna berbeda dengan pernyataan saat dia menyebut Rizieq dalam kondisi sehat ketika dirawat di RS UMMI Bogor.

Alasannya pernyataan Rizieq dalam kondisi sehat yang dibuat lewat video testimoni bukan kebohongan karena bertujuan membantah kabar hoaks Rizieq dalam keadaan kritis dan meninggal.

Halaman
123
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved