Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Serba Serbi Donor Plasma Konvalesen, Simak Persyaratan, Alur Donor, Serta Tips Berikut Ini

Donor plasma konvalesen ini, merupakan salah satu upaya dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh kepada pasien Covid-19

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Erik Sinaga
plasmakonvalesen.covid19.go.id
Yuk mengenal apa itu donor plasma konvalesen, beserta syaratnya buat kamu yang mau jadi pendonor. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Jika sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, Anda mungkin bisa melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu para penderita Covid-19.

Donor plasma konvalesen ini, merupakan salah satu upaya dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan.

Dikutip dari laman plasmakonvalesen.jakarta.go.id, orang dengan daya tahan tubuh yang kuat dapat sembuh sendiri dari penyakit Covid-19 tanpa gejala, atau mungkin hanya mengalami gejala ringan.

Tetapi pada orang dengan daya tahan tubuh yang tidak atau kurang optimal, dapat mengalami kondisi yang lebih berat dan kritis.

Orang-orang dengan daya tahan tubuh yang baik ini, dan telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 memiliki kekebalan tubuh atau antibodi terhadap virus tersebut. Dimana antibodi ini terdapat di dalam komponen darah yang disebut sebagai plasma.

Selanjutnya, plasma yang mengandung antibodi ini dapat membantu orang terinfeksi Covid-19 dengan daya tahan tubuh yang tidak cukup kuat.

Baca juga: Apa Itu Terapi Plasma Konvalesen? Simak Berikut Pengertian hingga Syarat Jadi Pendonor

Sehingga, ada kemungkinan orang tersebut dapat segera sembuh atau dapat meringankan gejala yang dialaminya. 

Jika Anda berencana untuk melakukan donor plasma konvalesen, ada beberapa rangkaian pemeriksaan yang akan dilakukan sebelumnya.

Yang pertama, akan dilakukan pengecekan golongan darah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved