Breaking News:

Cerita Kriminal

Belasan Kali Beraksi, Komplotan Copet di Flyover Pasar Rebo Ternyata Residivis

Akrom Poniman, Andri Simbolon, Pandu Winata, dan Tri Seprianto kini meringkuk di sel tahanan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur akibat ulah pencopetan.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono (tengah) saat menunjukkan barang bukti kasus pencurian disertai pemberatan di Jakarta Timur, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Akrom Poniman, Andri Simbolon, Pandu Winata, dan Tri Seprianto kini meringkuk di sel tahanan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur akibat ulah pencopetan.

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono mengatakan keempat pelaku yang diringkus pada dini hari tadi merupakan komplotan copet yang sudah belasan kali beraksi di wilayah Flyover Pasar Rebo.

"Mereka ini komplotan yang sudah belasan kali mencopet di kawasan Flyover Pasar Rebo. Ditangkap setelah satu korbannya melaporkan kasus beberapa waktu lalu," kata Jupriono di Mapolsek Ciracas, Selasa (12/10/2021).

Dalam setiap aksinya komplotan pelaku pencurian disertai pemberatan ini tidak ragu mencopet pada siang bolong, ketika melihat korbannya sendirian dan lengah pelaku langsung beraksi.

Satu pelaku bertugas mengalihkan korban dengan berbagai cara, dari berpura-pura menolong membawakan barang hingga mengajak korban berbicara saat rekannya mengambil handphone.

Baca juga: Komplotan Copet HP Pasar Rebo Tertangkap, Modus Alihkan Perhatian Korban

"Satu di antara pelaku merupakan residivis. Residivis dalam kasus sama, pasal 363 ayat 1 KUHP tentang Pencurian Disertai Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," ujarnya.

Jupriono menuturkan status residivis tersebut bakal dicantumkan dalam berkas perkara, agar ketika di Pengadilan nanti jadi pertimbangan hakim memperberat 1/3 masa hukuman.

Barang bukti diamankan penyidik Unit Reskrim Polsek Ciracas yakni sebanyak 10 unit handphone hasil mencopet para pelaku yang belum sempat dijual ke penadah mereka.

Baca juga: Sindikat Copet Lift Mal Terungkap: Setahun Lebih Keliling Pusat Perbelanjaan Tiap Akhir Pekan

"Sekarang kita juga masih penyidikan untuk menangkap satu pelaku anggota komplotan yang masih DPO (Daftar Pencarian Orang). Pelaku DPO yang masih dicari berinisial IB (Ibnu)," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved