Kenali Masalah Kelainan Pada Alat Kelamin Laki-Laki, Tidak Semuanya Karena Bawaan Lahir

Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital, menjelaskan ada beberapa kelainan alat kelamin laki-laki yang bisa terjadi sejak lahir.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Tribunnews
Ilusterasi kelamin laki-laki. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Bagi beberapa orang, kelainan pada alat kelamin laki-laki menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan.

Padahal, kelainan pada alat kelamin atau organ vital dan saluran kemih sangat berdampak pada kualitas hidup penderitanya, sehingga tidak boleh diabaikan.

Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital, Dr Gampo Alam Irdam, mengatakan, ada beberapa kelainan alat kelamin laki-laki yang bisa terjadi sejak lahir.

Walau begitu, beberapa di antaranya juga bisa berkembang seiring waktu.

"Tak jarang, beberapa kelainan tersebut membutuhkan tindakan pembedahan oleh Dokter Spesialis Urologi guna memperbaiki gejala dan kondisi pasien," kata dia, dalam keterangan resmi Eka Hospital.

Dokter yang berpraktik di Eka Hospital Cibubur ini menjelaskan, ada beberapa masalah kelainan alat kelamin laki-laki yang sering kali terjadi.

Baca juga: Pria Perlu Tahu, Waspadai Penyakit Peyronie yang Sebabkan Alat Vital Berubah Bentuk

Hipospadia ialah salah satunya. Namun, kondisi ini merupakan kelainan yang terjadi sejak lahir akibat pembukaan uretra atau lubang kencing  letaknya tidak normal atau berada di bagian bawah penis.

"Gejala yang umumnya terjadi seperti lubang pembukaan uretra yang tidak normal, dapat terletak di dekat kepala penis hingga di bawah buah zakar, penis melengkung ke bawah, dan semprotan urine yang tidak normal pada saat buang air kecil,"

"Diperlukan tindakan pembedahan guna penanganan dan mengoreksi serta memposisikan kembali lubang uretra ke ujung penis," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved