Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Sipir dan Napi Lapas Bulak Kapal Bekasi Jalani Tes Swab

Kepala Lapas Kelas II A Heri Sulistyo mengatakan, kegiatan tes swab massal ini dilakukan sesuai instruksi Kementerian Hukum dan HAM

Dok. Humas Lapas Bekasi
Kegiatan swab test massal di Lapas Kelas II A Bulak Kapal Bekasi, Kamis (26/11/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Sebanyak 170 sipir dan narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bulak Kapal Bekasi menjalani tes swab massal, Kamis (26/11/2020).

Kepala Lapas Kelas II A Heri Sulistyo mengatakan, kegiatan tes swab massal ini dilakukan sesuai instruksi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) bekerja sama Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

"Hari ini kita melakukan swab massal ada 158 pegawai (sipir) dan 12 napi jadi total 170 orang yang mengikuti tes," kata Heri.

Dia menjelaskan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari ini dan akan dilanjut hingga Sabtu (28/11/2020) mendatang.

"Pelaksanaannya tiga hari, seluruh pegawai lapas, dilanjutkan nanti untuk warga binaan, mitra koperasi dan petugas parkir," paparnya.

Dia menjelaskan, kegiatan test swab massal ini baru pertama kali dilakukan, sebelumnya kegiatan tes hanya dilakukan sebagai bentuk tracing kontak dan antisipasi tahanan baru.

"Kalau ini secara massal, sebelumnya kami melakukan swab kepada petugas yang langsung berhubungan dengan tahanan yang baru bekerjasama dengan Dinkes Kota Bekasi, tapi tidak keseluruhan," terangnya.

Heri menambahkan, kegiatan swab test massal juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya klaster penularan Covid-19 di Lapas Bulak Kapal Bekasi.

"Nanti akan keliatan apa ada yang positif atau negatif, kalau ada yang positif bisa langsung ditangani," terangnya.
Sejak awal pandemi hingga saat ini, pihaknya melarang kunjungan keluarga untuk menghindari kontak langsung dari warga luar.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved