Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Bandara Soekarno-Hatta Tolak Tenaga Kerja Asing Masuk, Tapi Beberapa WNA Masih Diizinkan

Penolakan tersebut dilakukan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Erik Sinaga
(KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)
PPKM Level 4, Istilah Baru Pengganti PPKM Darurat Bandara Soekarno-Hatta secara resmi menolak kedatangan warga negara asing (WNA) yang berstatus tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja diproyek strategis nasional. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Bandara Soekarno-Hatta secara resmi menolak kedatangan warga negara asing (WNA) yang berstatus tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja diproyek strategis nasional.

Penolakan tersebut dilakukan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 antara lain mengatur pembatasan terhadap orang asing yang masuk ke Indonesia atau transit di Indonesia, dikecualikan terhadap pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, bertujuan untuk kesehatan dan kemanusiaan (mendapat rekomendasi dari kementerian/lembaga), awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Baca juga: PPKM Level 4 Diberlakukan, Simak Informasi Terbaru dari Polda Metro Jaya Terkait Titik Penyekatan

Selain yang tidak termasuk di dalam lima klasifikasi tersebut di atas tidak diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia.

Semua akan dilakukan pemeriksaan di bandara tepatnya di area kedatangan internasional oleh Kantor Imigrasi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, peraturan ini sudah disampaikan ke seluruh bandara perseroan yang berstatus internasional.

Baca juga: Terapkan PPKM Level 4 di Jakarta, Gubernur Anies: Insya Allah Ikhtiar Kita Membuahkan Hasil

"Bandara AP II yang berstatus internasional, termasuk Bandara Soekarno-Hatta, sudah mengetahui adanya peraturan ini dan telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk pemberlakuan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. AP II bersama stakeholder berupaya untuk menerapkan peraturan ini dengan baik," jelas Awaluddin dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021).

Adapun penumpang rute internasional yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, baik itu orang asing yang termasuk ke dalam lima klasifikasi tersebut, dan juga WNI, harus memenuhi protokol kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved