Wagub Ariza Larang ASN DKI Bepergian ke Luar Kota Selama Libur Nataru 24 Desember - 2 Januari 2022

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melarang seluruh ASN DKI bepergian selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Balai Kota - Ahmad Riza Patria melarang seluruh ASN DKI bepergian selama masa libur Natal dan Tahun Baru. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melarang seluruh ASN DKI bepergian selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Adapun larangan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 79/SE/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti selama Periode Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Ariza bilang, surat edaran itu dibuat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb).

"Semua sudah ada aturan dari pemerintah pusat melalui Kemenpanrb terkait ASN. Jadi kami mengacu pada keputusan, ketentuan, peraturan yang ada di Kemenpanrb," ucapnya di Balai Kota, Rabu (22/12/2021) malam.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa para ASN DKI dilarang bepergian atau melakukan perjalanan ke luar daerah dan atau mudik selama periode libur Natal dan Tahun Baru mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Wagub Ariza Imbau Warga Jakarta Tak Bepergian & Hindari Kerumunan

Pengecualian diberikan kepada ASN yang melaksanakan perjalanan ke luar daerah dalam rangka tugas yang sudah ditandatangani oleh kepala perangjat daerah atau biro di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga melarang ASN mengambil cuti selama periode tersebut, kecuali cuti melahirkan, cuti sakit, dan cuti karena alasan penting.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (15/12/2021).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (15/12/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI)

Jika ada ASN yang masih nekat bepergian selama periode tersebut, maka Pemprov DKI akan menjatuhi hukuman disiplin sesuai peraturan perundang-undangan.

"Soal sanksi (bagi ASN nekat ke luar kota) kami mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat," kata Ariza.

Imbauan penting bagi warga Jakarta saat Nataru

Baca juga: Pemerintah Pusat Tidak Penuhi Kesejahteraan Buruh, Alasan Anies Sampai Revisi Kenaikan UMP DKI 5,1%

Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warganya untuk tidak bepergian.

Pasalnya, tingginya mobilitas dan interaksi antar warga bisa memicu penularan Covid-19.

Terlebih, varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron sudah teridentifikasi masuk Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved