Breaking News:

Ramai CPNS Mengundurkan Diri, Apakah Menambah Jumlah Formasi Kosong dan Apa Sanksinya? Ini Kata BKN

Sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 yang lulus seleksi memilih mengundurkan diri. Apakah ada sanksi dan menambah formasi kosong?

TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
Para peserta saat akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Mahkamah Agung Republik Indonesia di depan Ruang MH Thamrin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Minggu (28/10/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sejumlah Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2019 yang lulus seleksi memilih mengundurkan diri.

Apakah ada sanksi bagi CPNS mengundurkan diri ini? Lalu apa formasi kosong menjadi lebih banyak karena ada sejumlah CPNS mengundurkan diri?

Beberapa alasan banyaknya CPNS mengundurkan diri dikarenakan memang tidak ingin mengambilnya serta ada yang tidak lengkap dokumen pemberkasannya.

TONTON JUGA:

Baca juga: Jelang CPNS 2021, Berikut Sejumlah Jurusan Minim Formasi: dari Sastra Indonesia hingga Grafika

Baca juga: Apakah Nilai CPNS 2019 Bisa Digunakan di CPNS 2021? Siap-siap, Begini Penjelasan BKN

Baca juga: Ribuan Formasi Telah Diusulkan Untuk CPNS 2021, Pemerintah Daerah Buka Formasi Lulusan SMA/SMK

Baca juga: Lolos Seleksi CPNS Tetapi Pilih Mengundurkan Diri, Apakah Ada Sanksinya? Ini Penjelasan BKN

Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Diah Eka Palupi mengatakan, meskipun banyak CPNS mengundurkan diri, namun tidak akan menambah jumlah formasi yang kosong.

Sebab, peserta yang lolos CPNS mengundurkan diri digantikan oleh peserta yang berada di bawahnya secara peringkat.

Berdasarkan data Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN per 31 Oktober 2020, ada 138.791 peserta dinyatakan lulus (pascaoptimalisasi) sebagai CPNS untuk mengisi total 150.371 formasi yang dibuka Pemerintah.

Adapun berdasarkan data BKN, jumlah peserta lulus tersebut mengisi 3.469 jabatan Dosen, 55.039 jabatan Guru, 27.457 Tenaga Kesehatan, dan 52.826 Tenaga Teknis.

Selain itu, Kedeputian Sinka BKN juga menginformasikan, secara nasional terdapat 11.580 formasi kosong, dengan rincian 4.729 berada di 32 kementerian dan 33 Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK)/Lembaga Non Struktural (LNS), dan 6.851 berada di 456 instansi daerah.

Angka formasi kosong tersebut didapat pascaoptimalisasi, yakni setelah dilakukan pengisian formasi jabatan kosong oleh peserta dengan kualifikasi pendidikan sama, lulus passing grade dan berperingkat terbaik.

Halaman
1234
Penulis: Suharno
Editor: Suharno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved