Breaking News:

Kini Penumpang Pesawat Wajib Tes PCR dan Sopir Truk Harus Antigen, DPR: Ini Apa-apaan Sih!

Kondisi ini menurut Nihayatul tidak efektif sekaligus memberatkan bagi masyarakat yang akan bepergian jarak jauh.

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penumpang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pemerintah menerapkan aturan baru dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4  Jawa-Bali mulai 19 Oktober sampai 1 November 2021.

Kini, masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara domestik wajib menunjukkan hasil negatif tes swab RT-PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau tes PCR, bukan lagi tes rapid antigen. 

Hal itu diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 di Wilayah Jawa dan Bali.

"Penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Ketentuan ini berlaku baik bagi penumpang dengan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua," bunyi Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2, dan 1 di Jawa dan Bali, sebagaimana dikutip, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Ini Syarat Perjalanan Terbaru Naik Pesawat, Bus hingga Kereta Api

  

Pada aturan terbaru, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan pesawat wajib memperlihatkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

  

Penumpang juga diwajibkan membawa surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

  

Ketentuan ini berlaku untuk penumpang dengan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved